Rekomendasi Dewan Pendidikan Kabupaten Pamekasan Tri Wulan I Tahun 2023

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 mengamanatkan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan inovasi pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Inovasi pendidikan tersebut dilakukan secara merata kepada seuruh pilar penyangga kemajuan pendidikan meliputi Sekolah, Kepala Sekolah, Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan, Kurikulum, Evaluasi, Dana, Sarana dan Prasarana pendidikan, iklim sekolah, iklim kelas dan manajemen waktu.

Dengan mengacu pada Tugas Pokok dan Fungsi Dewan Pendidikan yang salah satunya adalah Memberikan masukan, pertimbangan dan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan mengenai: Kebijakan dan program pendidikan, Kriteria kinerja Daerah dalam bidang pendidikan, Kriteria pendidik dan tenaga kependidikan, Kriteria fasilitas pendidikan, Hal-hal yang terkait dengan pendidikan di Daerah. Maka Dewan Pendidikan Kabupaten Pamekasan menyampaikan Rekomendasi sebagai berikut:

 

1. MENINGKATKAN IPM MELALUI PENDIDIKAN – PLS

Mendorong Pelaksanaan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) khususnya Keaksaraan Fungsional (KF) berjalan lebih efektif untuk membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pamekasan

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup dan dapat digunakan sebagai penentuan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah. Salah satu dimensi dari IPM adalah pendidikan (pengetahuan) yakni Harapan Lama Sekolah (HLS). HLS didefinisikan sebagai lamanya sekolah (dalam tahun) yang diharapkan akan dirasakan oleh anak pada umur tertentu di masa mendatang. HLS dapat digunakan untuk mengetahui kondisi pembangunan sistem pendidikan di berbagai jenjang. Berdasarkan data BPS Jawa Timur, IPM Pamekasan tahun 2021 (66,40) berada di peringkat masuk kategori kelompok menengah. Nilai skor pengetahuan tahun 2021: Harapan Lama Sekolah (HLS) mencapai 13,65 tahun.

 

2. MENCARI SOLUSI TERKAIT BANYAKNYA KEPALA SEKOLAH YANG MASIH BERSTATUS PLT.

Sektor pendidikan dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Pamekasan sangat urgen. Peningkatan SDM bisa dicapai apabila kualitas pendidikan di satu daerah sangat menunjang, baik dari infrastruktur maupun tenaga pendidik. Termasuk, penetapan kepala sekolah definitif.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan harus lebih serius meningkatkan mutu pendidikan. Sebab, hasil identifikasi data menunjukkan bahwa pada tahun ajaran 2022–2023 ditemukan ada 16 sekolah negeri yang kepala sekolahnya dijabat pelaksana tugas (Plt). Berdasarkan realita tersebut, maka Dewan Pendidikan merekomendasikan agar Pemkab melalui Disdik segera mencari solusi terkait banyaknya Kepala Sekolah yang masih berstatus PLT untuk segera menjadi kepala sekolah yang definitif.

 

3. EVALUASI RUTIN KEPALA SEKOLAH

Pelaksanaan evaluasi kepala sekolah secara rutin perlu dilakukan oleh  Dinas Pendidikan dengan menggandeng beberapa pihak, sesuai amanat undang undang. Ssehingga bisa diukur kualitas dan kinerja kepala sekolah secara rutin.

 

5. TERPENUHINYA JUMLAH PENGAWAS SEKOLAH

Eksistensi pengawas sekolah merupakan salah satu indicator dari pemaksimalan dan keberhasilan kinerja bidang Pendidikan yang dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan yang ada di Kabupaten Pamekasan. Oleh karena itu, pengawas sekolah menjadi salah satu focus kami dalam melaksanakan tugas Dewan Pendidikan di Kabupaten Pamekasan. Berangkat dari atensi masyarakat perihal pengawas yang hingga saat ini masih overload dalam menjalankan tugas dan fungsinya mengawasi sekolah-sekolah binaan yang kemudian tidak maksimalnya sirkulasi Pendidikan di kabupaten Pamekasan. Berdasarkan data yang kami peroleh bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan yang kekurangan SDM bidang pengawas bahkan ada beberapa pengawas yang harus menangani hingga 25 hingga 27 lembaga Pendidikan, bahkan pada tahun 2022 yang lalu untuk tingkat SMP yang sekitar 200 lembaga Pendidikan hanya ditangani oleh 2 orang pengawas saja dan kami anggap sangat memberatkan bagi pengawas itu sendiri yang kemudian berimbas kepada ketidak maksimalan tugas yang diemban oleh pengawas sekolah tersebut.

 

5. EVALUASI MORATORIUM PENDIRIAN SMP SWASTA

Pemkab perlu mempertimbangkan kembali kebijakan moratorium SMP di Kabuaten Pamekasan (keputusan Bupati Pamekasan Nomor 188/417/432.131/2016). Tentang penetapan penghentian sementara pendirian SMP Swasta

 

6. TAMAN PENDIDIKAN PAMEKASAN

Membangun dan mengelola Taman Pendidikan dengan pola kemitraan strategis lintas sektoral, sehingga bisa memadukan antara Pendidikan, Kebudayaan dan pariwisata. Dewan Pendidikan akan bersinergi dengan menyiapkan konsep dan strategi pengembangannya.

 

Demikian Rekomendasi ini dibuat sebagai bahan acuan dan pertimbangan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan untuk terus berinovasi dalam bidang pendidikan dan bersama sama meningkatkan mutu sertakualitas pendidikan di Kabupaten Pamekasan.

Pamekasan, 01 Maret 2023

Ketua Dewan Pendidikan

Kabupaten Pamekasan

 

 

Dr. H.M. Sahibuddin, M.Pd

  

Tembusan Kepada Yth:

  1. Bupati Pamekasan
  2. DPRD Kabupaten Pamekasan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *